Minggu, 08 Januari 2012

MANAJEMEN LIMBAH B3 :

DESKRIPSI
Untuk mengelola bahan buangan industri, yang dikenal dengan bahan buangan berbahaya, memerlukan wawasan dan identifikasi yang benar terhadap bahan berbahaya tersebut. Identifikasi bahan mencakup why, when, who, what, where dari bahan buangan industri yang dikategorikan hazardouz waste.
Bahan kimia berbahaya mencakup bahan kimia korosive, racun dan sangat mudah terbakar (flammables). Di industri bahan kimia dijumpai sebagai bahan proses dan juga sebagai bahan buangan (waste). Informasi yang kurang dan tidak benar terhadap bahan kimia ini dapat mengakibatkan fatal bagi operator yang bekerja dengan bahan kimia itu.
Informasi yang tidak sampai pada tingkat operator adalah pengetahuan tentang sifat – sifat bahan kimia dan efeknya terhadap kesehatan operator. Sifat ini mencakup: incompatibility bahan, degree of flammability, maximum exposure limit, toxicity dll. Sifat-sifat ini sangat erat dengan aktifitas handling, transport dan storage. Manual safety dan MSDS dari bahan kimia di industri sangat membantu seorang operator yang terkait dengan pekerjaan bahan – bahan kimia. Pemahaman terhadap hazard diamind, hazard labeling, sangat membantu operator untuk bekerja dengan bahan kimia itu dengan aman.

TUJUAN
Program pelatihan ini dirancang untuk :
• Untuk meningkatkan pemahaman tentang limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).
• Untuk memberikan pemahaman yang berkaitan dengan manajemen limbah B3.
• Untuk meningkatkan kemampuan mengelola limbah B3 yang meliputi usaha preventif (reduksi, recycling, reuse), pengumpulan, transportasi, pengolahan dan penimbunan (disposal) dalam rangka meminimasi biaya pengelolaan limbah B3.
MATERI
1. Tinjauan umum mengenai Manajemen Limbah B3
- Evolusi manajemen limbah
- Regulasi tentang pengelolaan limbah
2. Identifkasi limbah B3
- Definisi
- Tata cara identifikasi & Karakteristik
- Contoh-contoh dari berbagai jenis industri
3. Persyaratan Perundangan mengenai Manajemen Limbah B3
- Persyaratan pengemasan
- Persyaratan penyimpanan
- Persyaratan pengumpulan
4. Pengolahan Limbah B3 (Thermal, Biologi, Kimia)
5. Pemisahan sumber, bahan dan perlengkapan
6. Aspek-aspek K3 Manajemen Limbah B3
7. Pemisahan dari limbah cair
8. Teknik insinerasi B3, jenis insinerasi B3, konsep umum perancangan.
9. Study Kasus
PESERTA
Kegiatan pelatihan ini ditujukan untuk karyawan yang bertugas di K3, Unit Pengolahan Limbah, supervisor, Teknisi Maintenance / Engineering, Supervisor Maintenance /Engineering, Foreman Maintenance / Engineering dan tenaga kerja yang bertugas di lokasi kerja dengan risiko tinggi maupun setiap orang yang peduli akan keselamatan kerja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar